SULIT DAPAT IZIN ORANG TUA SAAT MAU NAIK GUNUNG ? INI TIPSNYA !


Sering melakukan perjalanan sampai berhari - hari  seperti naik gunung atau kegiatan outdoor lainnya memang selalu menjadi aktifitas yang sangat menarik bagi banyak orang. Tak terkecuali bagi mereka yang belum pernah dan ingin mencoba bagaimana rasanya melakukan perjalanan menuju puncak impian.

Melakukan perjalanan khususnya pendakian merupakan aktifitas yang beresiko cukup tinggi. Karena faktor resiko yang sangat tinggi tersebut, banyak orang-orang terdekat kita dapat cenderung posesif atau bahkan melarang kita untuk melakukan pendakian atau coba-coba naik gunung. Terlebih lagi orang tua yang memang jadi bagian dari hidup kita pasti akan ikut melarang.

Namanya permasalahan pasti selalu ada jalan keluarnya , Nah buat kalian yang ingin mencoba naik gunung tapi sering atau susah mendapatkan izin dari orang tua, kali ini saya akan berbagi tips-tips sederhana supaya kita bisa mendapatkan izin dari orang tua . Intinya disetiap perjalanan pasti akan berhasil bila kita dapat restu dari orang tua. Cieeeeegituuu ajaaaaaaa ....

Baca juga antara aku, kamu, prau dan kenangan

PERKENALKAN TEMAN-TEMAN KAMU KE ORANG TUA

Menurut saya cara ini terbilang paling ampuh untuk bisa membuat luluh hati orang tua kalian. Teman-teman yang hobi dengan naik gunung pastinya punya banyak pengalaman dan kamu bisa mengajak teman-teman terdekat kamu yang punya banyak pengalaman naik gunung untuk main ke rumahmu. Dengan begitu, orang tua cenderung pasti akan percaya kalau teman-teman kamu akan bisa menjaga saat melakukan perjalanan.

Kalian bisa meminta tolong teman untuk bercerita bagaimana serunya perjalanan saat pendakian dan amannya naik gunung di depan orang tua kalian. Bagi kebanyakan orang tua pasti cenderung tidak percaya sama kalian, Karena memang kalian belum pernah mencoba atau belum punya pengalaman. Justru itulah fungsinya mengapa teman-teman kalian untuk menceritakan ke orang tua kalian supaya orang tua kalian langsung mendapat jawaban dari keraguan. Tapi ingat, ceritanya yang jujur-jujur aja ya jangan sekali-kali berbohong apalagi bohong sama orang tua.



BERI KEYAKINAN

Jika kalian sudah melihat adanya lampu kuning dari orang tua, kalian bisa menambahkan keyakinan mereka lewat beberapa hal yang simpel. Jangan sampai lampu kuning yang sudah diberikan orang tua kalian malah membuat lampu balik lagi ke warna merah. Intinya kalian harus bisa buat orang tua yakin dengan keselamatan anaknya selama melakukan pendakian.

Saya kasih contoh simpel yang bisa buat orang tua kalian kalian yakin. Coba dengan menunjukkan peralatan-peralatan pendakian yang safety. Misalnya: "Bu, ini sleeping bag baru aku beli buat tidur di gunung nanti aman nggak kedinginan," atau "Pak, ini jaket bagus loh bahannya GoreTex jadi lebih tahan air."

Kalian juga bisa mendeskripsikan gunung yang akan kalian daki, tentang apa saja yang ada di sana. Lebih baik lagi cara ini kalian bisa minta tolong didampingi teman yang sudah beberapa kali melakukan pendakian ke gunung tersebut. Contohnya: "Pak, nanti aku mau naik gunung Papandayan ya. Jalurnya aman kok nggak jauh, cocok buat pemula." atau "Bu, di gunung Prau rame loh sekarang. Bisa lihat sunrise yang bagus banget. Nanti kalau aku ke sana aku kasih lihat fotonya."


MEMINTA TOLONG TEMAN UNTUK MEMINTA IZIN

Masih berkaitan dengan tips sebelumnya, jika teman-teman kalian yang hobi naik gunung sudah kenal bahkan sudah akrab dengan orang tua kalian, cobalah meminta tolong mereka untuk memintakan izin ke orang tua kalian. Suruh teman kalian yang paling bisa dipercaya untuk memintakan izin secara pelan-pelan agar terlihat lebih sopan.

Tapi sebelum teman kalian memintakan izin, ada baik kalian bisa meminta izin terlebih dahulu ke orang tua, nah jika izin kalian tidak berhasil baru deh sehabis itu meminta tolong kepada teman kalian. Misalnya: "Bu/Pak aku mau ikut teman-teman naik gunung Semeru ya. Nanti si A sama si B bilang ke ibu sama bapak deh buat minta izin." Minta izin juga harus bersabar. Ada beberapa tipe orang tua yang langsung memberikan izin dan ada pula yang sulit.


JANGAN LUPA SELALU KASIH KABAR


Orang tua mana yang nggak khawatir kalau anaknya pergi jauh sampai berhari-hari tapi nggak ada kabar? Kalau kalian sudah diberi lampu hijau untuk pergi, jangan lupa selalu beri kabar ke orang tua. Selain agar tidak membuat cemas dan khawatir orang tua, hal tersebut juga bisa bermanfaat agar kita mudah mendapatkan izin perjalanan selanjutnya.

Terus gimana kalau belum dapat izin juga ? Ya sudah jangan dipaksakan. Naik gunung bukan soal sekedar tren atau ikut-ikutan. Melakukan perjalanan ke alam bebas sangat beresiko besar. Doa serta izin orang tua sangat bisa jadi penjaga kita di setiap langkah kamu di luar sana.

So , jadi kalian sudah punya rencana naik gunung di 2017? Yang paling penting jangan lupa kalau sudah diberi lampu hijau dari orang tua jangan lupa jaga keselamatan diri sendiri dan tetap jaga kelestarian alam.

Baca juga antara aku kamu prau dan kenangan

Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer